Jual Lampu Traffic Light

Pabrik Dan Jual Lampu Lalu Lintas Atau Traffic Light Berbagai Macam Diameter

Seberapa Pentingkah Lampu Traffic Light?

Jual Lampu Traffic Light

Lampu lalu lintas merupakan sebuah alat pemberi isyarat lalu lintas atau yang biasa di artikan sebagai lampu yang mengendalikan arus lalu lintas yang mana sudah terpasang di persimpangan jalan, tempat penyeberangan pejalan kaki atau zebra cross maupun di tempat arus lalu lintas lainnya.

Lampu inilah yang nantinya akan menandakan kapan kendaraan harus berjalan dan berhenti secara bergantian yang datang dari berbagai arah. Pengaturan lalu lintas di persimpangan jalan ini sendiri pun dimaksudkan untuk mengendalikan setiap pergerakan kendaraan masing-masing pergerakan kendaraan, dengan tujuan supaya nanti bisa bergerak secara bergantian yang mana tidak saling mengganggu antar arus yang ada.

Secara umum, lampu rambu lalu lintas di artikan sebagai alat pemberi informasi atau isyarat lalu lintas yang dipasang di berbagai tempat seperti persimpangan jalan, maupun yang ada di berbagai tempat yang intensitas lalu lintasnya tinggi, yang mana penggunaan ini sendiri akan dimanfaatkan untuk mencegah juga terjadinya kecelakaan. Lalu seperti apakah cara kerja lampu lalu lintas ini?

Mengenal Cara Kerja Lampu Traffic Light

Cara kerja lampu lintas merupakan hal yang bisa membuat Anda bisa mengerti bagaimana sebuah lampu lalu lintas bekerja. Tentunya dengetahui cara tersebut akan membuat Anda sebagai pengguna jalan menyadari bahwa lampu lalu lintas nyatanya memiliki sejumlah proses, sehingga membuatnya bisa berganti lampu dalam jangka waktu tertentu. Berikut penjabarannya.

1.Berbasis Sistem Automatics Traffic-Light Control System atau ATCS

Secara keseluruhan, cara kerja lampu lalu lintas ini sebenarnya didasari oleh sistem ATCS. Sistem inilah yang nantinya akan menentukan berapa lama sebuah lampu hijau bisa menyala. Lamanya nyala lampu hijau ini pun sebenarnya didasarkan pada kepadatan kendaraan yang terjadi pada saat itu.

2.Dilengkapi Bantuan Kamera Berbasis Mikrokontroler

Selanjutnya sistem yang ada pada lampu lalu lintas ttentu saja tidak akan berfungsi maksimal bila tidak ada kamera berbasis mikrokontroler. Kamera inilah yang nantinya membantu ATCS dan lampu lalu lintas untuk melihat sejauh mana kepadatan kendaraan di jalan raya.

Hasil tangkapan kamera itu juga yang nantinya akan diolah oleh komputer. kemudian, komputer bakal menghitung berapa persentase kepadatan yang terjadi di jalan raya saat itu. Setelah itu, komputer akan menentukan berapa lama lampu hijau harus menyala di suatu jalan raya.

Selanjutnya, lampu lalu lintas akan mengalami pergantian nyala sesuai dengan waktu yang ditentukan komputer. Baik itu dimulai dari lampu hijau, kuning, dan diakhiri oleh lampu merah.

Pengaplikasian Lampu Traffic Light

Lampu lalu lintas secara sederhana bisa dijelaskan sebagai lampu yang berada pada kanan kiri pendekat dari simpang berupa tiang dengan tiga buah lampu yang berderet dari atas ke bawah dengan warna merah pada urutan paling atas kemudian kuning dan hijau yang paling bawah.

Pemasangan lampu lalu-lintas ini pun adalah suatu upaya pengaturan simpang yang berdasarkan pada pertimbangan seperti:

  1. Arus kendaraan selama delapan jam dalam sehari.
  2. Arus pejalan kaki selama delapan jam dalam sehari.
  3. Angka kecelakaan kejadian per tahun nya.

Jika misalnya persyaratan tersebut tidak dipenuhi maka pemasangan lampu lalu-lintas pun menjadi tidak layak dan jika dipaksakan maka:

  1. Akan terjadi pemborosan karena biaya pengadaannya cukup mahal.
  2. Timbul penundaan yang tidak perlu pada jalan utama.
  3. Menimbulkan ketidakpatuhan dari pengemudi karena memang dirasakan tidak ada gunanya, dan sebagainya

Jenis-jenis Sistem Pengatur Lampu Lalu Lintas

Jenis sistem pengaturan lampu lalu-lintas dikelompokkan menjadi tiga macam, yaitu:

1.Pretime Controller

Sistem ini disebut juga sebagai sistem dengan pengaturan waktu tetap (sebab pada sistem ini, lama waktu siklus, phase, waktu hijau, merah, dan lainnya sudah di setting secara tetap sepanjang hari.

Cara seperti ini pun nyatanya sangat baik dipasang pada simpang dengan pola lalu lintas yang stabil, maupun apabila terjadi variasi arus lalu lintas maka variasi itu masih dalam koridor yang bisa diakomodasi oleh sistem, yang mana ini terjadi tanpa tundaan atau kemacetan yang berarti. Lalu seperti apa keuntungannya?

  1. Karena semuanya sudah diseting secara tetap yaitu mengenai lama waktu siklus, waktu hijau, dan lain-lainnya, maka ini akan lebih tepat koordinasinya terutama pada simpang simpang yang berurutan karena rata-rata tundaan akibat berhenti, lebih kecil daripada sistem actuated.
  2. Kerja alat tidak akan terpengaruh oleh pergerakan kendaraan dari arah pendekat dengan begitu tidak ada pihak yang dirugikan akibat pengaruh mobil mogok misalnya atau oleh adanya perbaikan jalan.
  3. Lebih tepat apabila dioperasikan pada suatu daerah simpang dengan jumlah pedestrian besar.
  4. Harga peralatannya pun nyatanya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan sistem actuated serta yang pasti lebih mudah perawatannya.

2.Semiactuated Controller

Sistem ini biasanya didisain supaya nanti lampu hijau pada jalan utama selalu menyala sepanjang hari. Lampu hijau ini pun nantinya akan berubah menjadi merah ketika detektor pada jalan minor menangkap sinyal akan adanya kendaraan yang ingin memasuki simpang.

Pengoperasian ini menyatakan bahwa panjang waktu siklus dan hijau bervariasi mulai dari siklus satu ke siklus berikutnya sesuai dengan arus demand.

3.Fully Actuated Controller

Berbeda dengan sistem semiactuated controller yang mana detektor hanya dipasang pada jalan minor, namun di sistem ini di pasang seluruh kaki simpang dipasang detektor. Sistem ini pun biasanya  dipakai jika arus kendaraan sangat bervariasi sepanjang hari karena bersifat responsif terhadap kebutuhan lalu-lintas.

Sama dengan sistem semiactuated, panjang waktu siklus dan hijau ini pun nyatanya bervariasi muali dari siklus satu ke siklus berikutnya sesuai dengan arus demand. Secara umum waktu hijau maksimum dan minimum ini akan diberikan pada tiap fase.

Detektor biasanya diletakkan di bawah permukaan jalan namun sering juga diletakkan pada tiang lampu sinyal. Lalu seperti keuntungan ri dapemakain sistem actuated controller ini?

  1. Pertama yaitu dinilai lebih efisien dipakai pada simpang-simpang dimana fluktuasi arus lalu lintasnya tidak bisa diatasi dan diprogram dhanya engan sistem pretime controller.
  2. Lebih efisien saat diterapkan pada simpang-simpang yang kompleks.
  3. Lebih efisien juga baik bagi jalan utama maupun jalan minor sebab adanya pemutusan waktu hijau yang mana hanya terjadi jika dibutuhkan oleh arus minor ataupun oleh pejalan kaki.
  4. Lebih efisien pada simpang-simpang yang lokasinya tidak menguntungkan
  5. Lebih menguntungkan pada operasi tanpa harus memerlukan tundaan pada jalan utama
  6. Diapliaksikan khususnya pada alokasi dimana lampu kontrol lalu lintas hanya dibutuhkan dalam waktu yang singkat dalam sehari.
  7. Sistem actuated secara umum mampu meminimalkan penundaan terutama apabila ada arus demand yang begitu bervariasi.

Pabrik Dan Jual Lampu Lalu Lintas Atau Traffic Light Berbagai Macam Diameter

Jual Lampu Traffic Light

Tentunya kebutuhan akan lampu traffic light ini begitu diperlukan dimana pun itu. Dan apabila misalnya saat ini Anda sedang memerlukan alat ini baik untuk proses instalasinya, atau juga sedang membutuhkan keperluan penerangan jalan umum misalnya, maka kami PT. Mirza Meka Trindo siap untuk membantu Anda.

Tentu saja kami menyediakan lampu lalu lintas yang bermutu terbaik disertai dengan harga yang terjangkau pula. Cukup hubungi kami di https://www.jasalampulalulintas.com/ .

Leave a Reply

Your email address will not be published.